Halaman

Semua tentang belajar....

Don't stop until your dreams come true...!!!

Selasa, 05 April 2011

Topik Pembicaraan

Ada satu hal yang aku pahami ketika melihat dua orang yang cukup kenal satu sama lain dan salah satunya atau kedua-duanya bermain hape (handphone) seakan-akan ada sesuatu yang harus dikerjakan dengan hape itu merupakan pertanda bahwa orang itu atau dua orang itu sedang bingung tentang topik percakapan apa
yang akan mereka utarakan untuk menghindari adanya kebekuan yang terjadi di antara mereka karena tidak adanya topik pembicaraan yang dapat dilakukan untuk mencairkan suasana. jika hal ini terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama dan  dalam kurun waktu itu antara kedua belah pihak belum menemukan adanya sebuah topik pembicaraan yang cocok atau topik pembicaraan yang sesuai untuk mencairkan suasana yang sedang beku tersebut, maka salah satu atau kedua orang itu akan mencari aktivitas lain yang sekiranya dapat membantu untuk menemukan topik pembicaraan yang tepat semisal membaca koran atau membaca buku yang sedang ada di TKP atau hal lain seperti bermain laptop (berpura-pura sibuk dengan mengetik sesuatu).
Yang pada akhirnya salah satu atau mungkin dua orang itu pergi (berpisah) bahkan mungkin muncul orang ketiga yang dapat membantu memecahkan situasi beku yang sedang terjadi. Untuk kasus ini tidak banyak yang bisa dilakukan sebenarnya (karena saya sendiri juga sering bingung dengan apa yang harus saya lakukan) tapi tentunya tetap ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan jika sampai kebekuan pembicaraan terjadi ketika kita berbicara dengan orang lain. Di antaranya adalah:
1. Ingat-ingat aktivitas apa yang biasa dilakukan orang itu pada jam saat Anda bertemu dengannya (ini hanya membantu sebentar karena begitu kita selesai menanyakannya dan jawaban terlontar maka percakapan pun selesai).
2. Tanyakan apa yang akan dilakukannya setelah bertemu dengan Anda (ini juga hanya bersifat sementara).
3. Mulailah percakapan dengan berita yang sedang hangat dibicarakan (agak sulit karena hal ini juga        berkenaan dengan minat dari orang itu sendiri).
4. Baca koran atau buku apapun yang ada di sekitar dan tanyakan pendapatnya (agak kurang sopan sebenarnya).

Jika cara-cara di atas masih belum berhasil juga, maka masih ada Plan B (bukan rencana yang disarankan).

5. Tetaplah berpura-pura melakukan kesibukan seperti bermain hape (sms, lihat phonebook, baca n hapus sms lama, kalau perlu telfon teman).
6. Jika ada laptop selamat bermain notepad, microsoft word, dll. Yang merupakan program untuk mengetik (biar kelihatan sibuk).
7. Berdoalah semoga cepat datang teman yang lain dan berharap teman ini dapat memulai pembicaraan yang bagus. ^_^

NB:
* Hal ini sering terjadi ketika saya bertemu dengan teman bule, untuk teman Indonesia cukup jarang hal ini dapat terjadi.
* Jika ada tambahan saran sangat saya terima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar